Apa itu Web 2.0 ? Dan Bagaimana Ciri-Cirinya

Apa itu Web 2.0 ? Dan Bagaimana Ciri-Cirinya
   Sebagian banyak para blogger pasti sudah mengetahui apa itu web 2.0 , jujur saya juga baru sedikit memahami apa itu web 2.0 setelah terjun ke dunia blogging. Dan disini saya akan mencoba berbagi sedikit pengetahuan mengenai web 2.0, yang mudah-mudahan informasinya bisa bermanfaat untuk kita semua.
   Sebenarnya apa sih web 2.0 itu? menurut informasi yang pernah saya baca di situs Wikipedia bahwa web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan juga suatu usaha yang diatur untuk mensukseskan platform tersebut. Istilah web 2.0 pertama kali di perkenalkan oleh O'Reilly Media pada tahun 2003 lalu di populerkan pada tahun 2004 pada saat konferensi web 2.0.
   Setelah bersama-sama kita mengetahui apa itu web 2.0, pembahasan selanjutnya adalah mengenal ciri-ciri web 2.0 dan mari kita simak ciri-ciri web 2.0 berikut ini :

1. The Web as Platform

    Yang dimaksud The Web as Platform yaitu menggunakan web sebagai platformnya dan apa yang dimaksud platform disini adalah tempat suatu aplikasi yang di jalankan. Contoh platform yang terkenal adalah windows, dan di dalam platform windows tersebut terdapat berbagai aplikasi seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop dan aplikasi lainnya.
   Aplikasi-aplikasi tersebut nantinya akan di jalankan langsung diatas internet dan bukan di atas satu sistem operasi tertentu itulah kenapa menggunakan internet sebagai platform. Contoh lainnya adalah Google dan Flickr yang dapat di akses dari sistem operasi manapun.

2. Harnessing Collective Intelligence

   Unik adalah salah satu sifat dari aplikasi web 2.0 karena bisa memanfaatkan kepandaian dari banyak orang secara bersama-sama. Sebagai hasilnya muncullah dasar pengetahuan yang sangat besar dari pengetahuan-pengetahuan banyak orang, sebagai contohnya adalah Wikipedia.
   Wikipedia  merupakan ensiklopedia online yang memperbolehkan semua orang untuk mencurahkan pengetahuannya kedalam sebuah tulisan yang berbentuk artikel. Dan nantinya artikel-artikel yang di hasilkan dari banyak orang tersebut akan saling berhubungan dari satu artikel ke artikel lainnnya, mirip seperti sel-sel otak yang saling berhubungan satu sama lain di dalam otak.

3. Data is the Next Intel Inside

   Salah satu kekuatan aplikasi web 2.0 adalah terletak pada data. Berbagai aplikasi yang sukses selalu di dukung oleh pilar data yang kuat serta unik, contohnya Google yang kekuatanya terletak pada pengelompokan dan pengurusan data halaman-halaman web di internet.

4.End of the Software Release Cycle

   Aplikasi dari web 2.0 memiliki sifat yang berbeda dengan aplikasi platform lama seperti windows. Jika kita menggunakan aplikasi windows biasanya membutuhkan update paling tidak setiap dua atau tiga tahun sekali, contohnya seperti Microsoft Office yang memiliki beberapa versi yaitu versi 97, 2000, xp, dan 2003.
   Berbeda dengan aplikasi web 2.0 yang selalu terupdate secara terus menerus karena sifatnya yang bukan lagi sebagai produk melainkan layanan. Misalnya Google, kita pasti tahu bahwa Google selalu terupdate data dan programnya tanpa perlu menunggu waktu tertentu.

5. Lightweight Programming Models

   Teknik-teknik programer yang ringan seperti RSS dan AJAX telah diaplikasikan kedalam web 2.0. Dengan ini bisa meringankan orang lain untuk mendaur ulang suatu layanan aplikasi web 2.0 guna menghasilkan layanan baru. Google Maps contohnya, dengan menggunakan Google Maps maka orang-orang bisa dengan mudah menghasilkan layanan baru, misalnya seperti HousingMaps yang merupakan gabungan dari layanan Google Maps dengan Craiglist dan layanan seperti ini biasa dikenal dengan istilah mashup.

6. Single Device that is Above the Software

   Aplikasi web 2.0 bisa berjalan secara konsolidasi melalui berbagai device. Contohnya iTunes milik Apple yang bisa berjalan secara konsolidasi bermula dari internet server(kedai musik online) => user computer (dalam bentuk program iTunes)=>mobile device(dalam bentuk iPod)
Apa itu Web 2.0 ? Dan Bagaimana Ciri-Cirinya

7.Rich User Experiences

   User interface yang kaya telah dimiliki oleh aplikasi web 2.0 walaupun berjalan di dalam browser. AJAX merupakan teknologi yang dapat memungkinkan aplikasi internet memiliki waktu respons yang cepat dan user interface yang intuitif mirip seperti aplikasi windows yang terinstall di komputer kita. Gmail adalah salah satu contohnya, Gmail tersebut memiliki user unterface yang revolusioner.

   Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai apa itu web 2.0 dan ciri-cirinya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua terutama para pembaca blog ediskus

0 Response to "Apa itu Web 2.0 ? Dan Bagaimana Ciri-Cirinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel